Pengaruh Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru

Penulis

  • Reni Pratiwi UIN Suska Riau
  • Muhammad Yusuf STIE Mahaputra Riau

Abstrak

Etika bisnis muncul ketika kegiatan bisnis tidak luput dari sorotan etika. Menipu dalam bisnis, mengurangi timbangan atau takaran, merupakan contoh-contoh konkrit adanya hubungan antara etika dan bisnis. Etika bisnis Islam bertujuan mengajarkan manusia untuk menjalin kerjasama dalam rangka tolong-menolong dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip syari‟ah. Etika bisnis Islam muncul sebagai solusi dari permasalahan etika di dunia bisnis saat ini. Terlebih etika bisnis Islam sebagai nilai-nilai yang secara langsung berkaitan dengan agama. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh secara persial dan simultan antara variabel keesaan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran terhadap customer retention pada Koperasi Syariah BMT Al Ittihad di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan metode kuisioner, dokumentasi dan wawancara kepada responden, adapun jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang dan lokasi penelitian berada di Kota Pekanbaru, dalam pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows versi 23,0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) keesaan berpengaruh negatif terhadap customer retention, (2) keadilan berpengaruh positif terhadap customer retention, (3) kehendak bebas berpengaruh positif terhadap customer retention, (4) tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention, (5) kebenaran berpengaruh positif terhadap customer retention. Adapun secara simultan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap customer retention sebesar 68,6%. Artinya variabel keesaan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran berpengaruh terhadap customer retention di BMT Al Ittihad Pekanbaru.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-07-31 — Diperbaharui pada 2021-08-01

Versi

Cara Mengutip

Pratiwi, R., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru . AMBITEK, 1(2), 118–131. Diambil dari https://jurnalambitek.stie-mahaputra-riau.ac.id/ojs/index.php/ambitek/article/view/13 (Original work published 31 Juli 2021)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama